7 Tips Merawat Furniture Berbahan Baku Kayu


Dalam memilih furniture untuk rumah, kayu memang salah satu bahan yang masih menjadi opsi unggulan banyak orang. Tapi, merawat material organik seperti kayu tentu saja tak semudah merawat furniture dari bahan plastik. Sekiranya tak ditangani dengan ideal, karenanya resiko terkena jamur, retak, sampai dimakan rayap bisa terjadi pada furniture kayu Anda. Tetapi tak perlu kuatir sebab kami punya 7 kiat yang dapat dicoba sendiri di rumah.

1. Letakkan di Daerah Kering atau Bersuhu Normal

Paparan temperatur panas secara terus menerus bisa membikin kayu menjadi kering dan menyusut sehingga memunculkan retakan pada lapisan kayu. Jauhkan furniture berbahan kayu dari kelengkapan yang memancarkan panas atau daerah yang lantas terpapar cahaya sang surya, terutamanya bila Anda tinggal di tempat dengan temperatur tinggi. Tak cuma itu, udara lembab juga bisa memancing berkembangbiaknya jamur atau serangga yang membahayakan bagi kayu.

2. Pindahkan dengan Benar dan Hati-Hati

Tradisi memindahkan meja atau bangku minimalis dengan metode menyeret atau menarik sandarannya bisa menggores dan mengikis kayu pengaruh bergesekan dengan lantai. Menarik salah satu kakinya saja juga beresiko merusak sambungan tempat duduk. Sistem yang benar dalam memindahkan furniture kayu yakni dengan mengangkatnya di komponen penampang atau dudukannya dengan hati-hati.

3. Pakai Alas untuk Meminimalisir Kerusakan

Walau Anda telah berhati-hati dalam memindahkan furniture kayu Anda, adakalanya car pengaplikasian furniture itu sendiri yang secara pelan bisa merusak tampilannya. Untuk meminimalisir resiko tergores atau terkena noda yang membikin warna kayu kusam dan permukaan kayu tak mulus lagi, cukup tutupi komponen atas meja dengan kain taplak atau table runner. Meski untuk komponen kaki, Anda dapat mengalasinya dengan karpet atau kain felt di setiap kakinya.

Baca Juga: Perawatan Furnitur: Kayu Pinus

4. Keringkan Noda Air, Lantas!

Gelas minuman seringkali meninggalkan noda air berbentuk lingkaran pada permukaan meja makan berbahan kayu. Seandainya diperbolehkan saja, noda ini akan ketinggalan permanen dan merusak estetika tekstur kayu natural. Metode menghilangkanya dapat dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut. Untuk noda yang kecil, Anda cukup mengusap campuran tadi dengan menerapkan jari. Pilihan lain ialah dengan membakar biji kemiri sampai minyaknya keluar, kemudian hancurkan dengan sistem dipukul-pukul, lalu usapkan pada noda.

5. Bersihkan Furniture Kayu Berkala Perlengkapan

Bersihkan furniture kayu setidaknya sebulan sekali dengan menyemprotkan pledge atau cairan pelapis furniture secukupnya pada permukaan furniture kayu, lalu lap dengan kain dan biarkan sampai kering. Sekiranya untuk membersihkan furniture kayu ini dapat Anda peroleh di warung material atau warung furniture. Kalau perlu, Anda juga dapat mengerjakan finishing ulang pada furniture kayu tiap-tiap 2-3 tahun supaya tak nampak kusam.

6. Pakai Kuas atau Sikat Gigi untuk Tak yang Relatif Melainkan

Pada dasarnya, furniture kayu bisa dibersihkan dengan lap kain katun saja. Tapi ada kalanya debu-debu, kotoran, atau jamur di furniture kayu tak terangkat dengan bagus sebab terselip di antara celah. Pakai kuas berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk enjangkau komponen-komponen hal yang demikian.

7. Manfaatkan Sisa Teh Sebagai Pembersih

sehat untuk dikonsumsi, teh mempunyai banyak kegunaan, salah satunya sebagai pembersih kayu. Untuk hasil warna dan kilau yang optimal, celupkan kain lembut dalam seduhan teh hitam, peras kain, baru kemudian usapkan pada furniture kayu untuk membersihkannya dan biarkan sampai mengering.
Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan di rumah,agar barang furniture anda tetap terjaga dan masih terlihat seperti baru.hmmm ayo buruan miliki barang furniture di toko online kami.furniture jepara kami menyediakan segala kebutuhan furniture yang anda gemari dari perabotan di dalam kamar seperti kamar tidur mewah, lemari pakaian, meja nakas, dan masih banyak lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah MEnata Ruang Tamu Yang Minimalis

5 Objek Wisata Semarang Yang Cocok Untuk Pre-Wedding